Kamis, 09 November 2017

Anilisis SWOT



a.        Kekuatan/keunggulan Sekolah (S = Strenght)
1.         Kehadiran dan motivasi belajar tinggi, mau menerima inovasi di bidang iptek dan pendidikan lingkungan hidup
2.         Memiliki kemampuan akademik dan non akademik yang cukup baik
3.         90% guru berkualifikasi S-1 dan kurang lebih 0,03% guru sudah S2 (2 0rang)
4.         45 % Guru yang PNS telah tersertifikasi kecuali yg CPNS belum tersertifikasi
5.         Guru menyusun Silabus melalui proses analisis pemetaan SK/KD
6.         Guru mengajar melalui metida pembelakjaran yang bervariasi
7.         Sebagian besar guru melaksanakan proses pembelajaran disampaikan secara bilingual.
8.         Sarana Perpustakaan. laboratorium Fisika, Kimia, Biologi , Bahasa, multi media  laboratorium komputer, dileng kapi jaringan internet memadai dan atau hot spot
9.         Sekolah memiliki 1 lapang basket  untuk kegiatan olah raga  Basket, Voli Ball, Karate, Tae Kwon Do, Futsal dll
10.     Memiliki ruang OSIS dan ruang untuk kegiatan ekstrakurikuler
11.     Ada kepedulian komite sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan
12.     Orangtua memiliki kepedulian terhadap upaya pengembangan program sekolah
13.     Adanya kepedulian dari pihak pemerintah pusat, provinsi dan kota dalam upaya
b.        Kelemahan Kekurangan Sekolah (W = Weaknes)
1.       Terbiasa dengan hidup serba mudah sehingga perhatian kepada pemeliharaan lingkungan hidup masih rendah.
2.       Sebagian berasal dari orangtua yang tidak mampu.
3.       Masih ada guru yang secara teknis kurang mampu mengembangkan SK/KD untuk pembelajaran terutama guru-guru yang msih baru.
4.       Multi media belum dilengkapi peralatan yang memadai
5.       Perpustakaan belum dilengkapi dengan electronic lybrary
6.       Belum sepenuhnya pihak pemerintah daerah memberikan bantuan terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan
7.       Masih ada orangtua yang tidak mampu membiayai kebutuhan anaknya dan tidak berterus terang kepada pihak sekolah
8.       Belum seluruh guru melaksanakan proses pembelajaran secara bilingual
c.         Peluang /Kesempatan Sekolah (O = Opportunity)
1.         SMA Swasta Ilmiah Kendari memiliki peluang untuk dibangunnya tambahan gedung laboratorium IPA, Komputer, gedung/RKB baru, gedung serba guna (Aula),  dan laboratorium bahasa karena ada lokasi yang tersedia.
2.         Keanggotaan komite sekolah sudah merangkum seluruh stakeholder termasuk alumni
3.       Adanya beberapa perusahaan yang mau diajak bekerja sama dalam mengembangkan sekolah walaupun secara tidak struktur
4.         SMA Swasta Ilmiah berupaya membekali dan mengembang kan potensi peserta didik melalui program Unggulan
5.         SMA Swasta Ilmiah Peningkatan kemampuan guru untuk mengembangkan SK/KD mata pelajaran
6.         SMA Swasta Ilmiah Peningkatan kemampuan guru mengajar dalam Bahasa Inggris melalui kursus.
7.       SMA Swasta Ilmiah Untuk mendapatkan ruang multi media yang representative sekolah mengajukan ke pihak pemerintah
8.         SMAN Swasta Ilmiah Kendari mempunyai peluang diminati oleh siswa tamatan SMP yang tidak saja berasal dari sekitar Provinsi Sulawesi Tenggara, melainkan juga di luar Provinsi Sulawesi Tenggara dan peminatnya dari tahun ketahun terus meningkat.
9.         SMA Swasta Ilmiah Kendari memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai sekolah unggulan berdasarkan konsep wawasan, karena tanahnya subur, halamannya luas, bila lokasi yang rawan longsor tersebut dapat diatasi dengan pembuatan tanggul.
10.     SMA Swasta Ilmiah Memiliki peluang Untuk mengakreditaskan sekolahnya dan Menjadikannya sekolah yang negeri.
11.     SMA Swasta Ilmiah Peningkatan sosialisasi program R-SBI dan penggalangan dana sharing
12.     SMA Swasta Ilmiah mencari dana untuk pemberin beasiswa bagi siswa yang tidak mampu seperti dana alumni, kegiatan Persaudaraan madani dll. 

d.        Tantangan Terhadap Sekolah (T = Treat)
1.         Masih terbatasnya ruang kegiatan belajar, sarana dan prasarana pendidikan.
2.         Pada tahun sebelumnya siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri sebesar 51,50%, dan diharapkan pada tahun berikutnya siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri sebesar 53%
3.         Sekitar 50% siswa berlatar belakang ekonomi lemah.
4.         Pada tahun 2006, 2007, 2008 dan 2009 telah menjuarai Olimpiade Kimia, Biologi, Fisika dan Geografi Tingkat Kota Kendari, diharapkan pada tahun berikutnya dapat menjadi finalis Olimpiade tingkat Propinsi khusunya Kimia, Fisika dan Komputer.
5.         Pada saat ini siswa muslim baru dapat membaca Al-Qur’an 85%, diharapkan pada tahun berikutnya sudah dapat membaca Al-Qur’an 98% dan dapat mengikuti lomba SBQ di tingkat Kota ataupun Propinsi.
6.         Pada saat ini siswa yang aktif berbahasa Inggris baru 9%, diharapkan tahun berikutnya dapat mencapai 15%.





MANAJEMEN MADRASAH/SEKOLAH
ANALISIS SWOOT (SMA SWASTA ILMIAH KENDARI)
Description: 20150926065457]
Analisis Swoot  ini DiSusun Sebagai Salah Satu Syarat Menyelesaikan Tugas Final Mata Kuliah Manajemen Madrasah/Sekolah
OLEH
NAMA       : SALMAWATI
NIM           : 15010108029
DOSEN      : AMBAR


PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
KENDARI
2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar