a.
Kekuatan/keunggulan
Sekolah (S = Strenght)
1.
Kehadiran dan
motivasi belajar tinggi, mau menerima inovasi di bidang iptek dan pendidikan
lingkungan hidup
2.
Memiliki
kemampuan akademik dan non akademik yang cukup baik
3.
90% guru berkualifikasi S-1 dan kurang lebih 0,03% guru sudah S2 (2 0rang)
4.
45 % Guru yang
PNS telah tersertifikasi kecuali yg CPNS belum tersertifikasi
5.
Guru menyusun Silabus melalui proses analisis
pemetaan SK/KD
6.
Guru mengajar melalui metida pembelakjaran yang
bervariasi
7.
Sebagian besar guru melaksanakan proses pembelajaran
disampaikan secara bilingual.
8.
Sarana
Perpustakaan. laboratorium Fisika, Kimia, Biologi , Bahasa, multi media laboratorium komputer, dileng kapi jaringan internet memadai dan atau hot spot
9.
Sekolah
memiliki 1 lapang basket untuk kegiatan
olah raga Basket, Voli Ball, Karate, Tae
Kwon Do, Futsal dll
10.
Memiliki ruang OSIS dan ruang untuk kegiatan
ekstrakurikuler
11.
Ada kepedulian
komite sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan
12.
Orangtua
memiliki kepedulian terhadap upaya pengembangan program sekolah
13.
Adanya
kepedulian dari pihak pemerintah pusat, provinsi dan kota dalam upaya
b.
Kelemahan Kekurangan Sekolah (W = Weaknes)
1.
Terbiasa dengan hidup serba
mudah sehingga perhatian kepada pemeliharaan lingkungan hidup masih rendah.
2.
Sebagian berasal dari orangtua yang tidak mampu.
3.
Masih ada guru yang secara teknis kurang mampu mengembangkan SK/KD untuk
pembelajaran terutama guru-guru yang msih baru.
4.
Multi media belum dilengkapi peralatan yang memadai
5.
Perpustakaan belum dilengkapi
dengan electronic lybrary
6.
Belum sepenuhnya pihak pemerintah daerah memberikan
bantuan terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan
7.
Masih ada orangtua yang tidak mampu membiayai kebutuhan
anaknya dan tidak berterus terang kepada pihak sekolah
8.
Belum seluruh guru melaksanakan proses pembelajaran secara bilingual
c.
Peluang /Kesempatan Sekolah (O = Opportunity)
1.
SMA
Swasta Ilmiah Kendari memiliki
peluang untuk dibangunnya tambahan gedung laboratorium IPA, Komputer,
gedung/RKB baru, gedung serba guna (Aula),
dan laboratorium bahasa karena ada lokasi yang tersedia.
2.
Keanggotaan
komite sekolah sudah merangkum seluruh stakeholder termasuk alumni
3.
Adanya beberapa
perusahaan yang mau diajak bekerja sama dalam mengembangkan sekolah walaupun
secara tidak struktur
4.
SMA
Swasta Ilmiah berupaya membekali dan
mengembang kan potensi peserta didik melalui program Unggulan
5.
SMA
Swasta Ilmiah Peningkatan kemampuan guru untuk mengembangkan SK/KD
mata pelajaran
6.
SMA
Swasta Ilmiah Peningkatan kemampuan guru mengajar dalam Bahasa
Inggris melalui kursus.
7.
SMA
Swasta Ilmiah Untuk mendapatkan ruang multi media yang
representative sekolah mengajukan ke pihak pemerintah
8.
SMAN
Swasta
Ilmiah Kendari mempunyai
peluang diminati oleh siswa tamatan SMP yang tidak saja berasal dari sekitar
Provinsi Sulawesi Tenggara, melainkan juga di luar Provinsi Sulawesi Tenggara
dan peminatnya dari tahun ketahun terus meningkat.
9.
SMA
Swasta Ilmiah Kendari memiliki
peluang untuk dikembangkan sebagai sekolah unggulan berdasarkan konsep wawasan,
karena tanahnya subur, halamannya luas, bila lokasi yang rawan
longsor tersebut dapat diatasi dengan pembuatan tanggul.
10.
SMA Swasta Ilmiah Memiliki peluang Untuk
mengakreditaskan sekolahnya dan Menjadikannya sekolah yang negeri.
11.
SMA Swasta Ilmiah Peningkatan sosialisasi program R-SBI dan penggalangan dana sharing
12.
SMA Swasta Ilmiah mencari dana untuk pemberin beasiswa
bagi siswa yang tidak mampu seperti dana alumni, kegiatan Persaudaraan madani
dll.
d.
Tantangan Terhadap Sekolah (T = Treat)
1.
Masih
terbatasnya ruang kegiatan belajar, sarana dan prasarana pendidikan.
2.
Pada tahun
sebelumnya siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri sebesar 51,50%, dan
diharapkan pada tahun berikutnya siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri
sebesar 53%
3.
Sekitar 50%
siswa berlatar belakang ekonomi lemah.
4.
Pada tahun
2006, 2007, 2008 dan 2009 telah menjuarai Olimpiade Kimia, Biologi, Fisika dan
Geografi Tingkat Kota Kendari, diharapkan pada tahun berikutnya dapat menjadi
finalis Olimpiade tingkat Propinsi khusunya Kimia, Fisika dan Komputer.
5.
Pada saat ini
siswa muslim baru dapat membaca Al-Qur’an 85%, diharapkan pada tahun berikutnya
sudah dapat membaca Al-Qur’an 98% dan dapat mengikuti lomba SBQ di tingkat Kota
ataupun Propinsi.
6.
Pada saat ini
siswa yang aktif berbahasa Inggris baru 9%, diharapkan tahun berikutnya dapat mencapai 15%.
MANAJEMEN
MADRASAH/SEKOLAH
ANALISIS SWOOT
(SMA SWASTA ILMIAH KENDARI)
]
Analisis
Swoot ini DiSusun Sebagai Salah Satu
Syarat Menyelesaikan Tugas Final Mata Kuliah Manajemen Madrasah/Sekolah
OLEH
NAMA : SALMAWATI
NIM : 15010108029
DOSEN : AMBAR
PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU
KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
KENDARI
2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar